291 0

Fraksi PKB menggelar halaqoh kebangsaan bertajuk ‘Islam Nusantara mengembangkan sikap toleran, moderat, dan maslahah’. Halaqoh ini bertujuan meneguhkan komitmen perjuangan politik PKB sebagai muharriq (penggerak) NU dalam menerjemahkan semangat Islam Nusantara.

Rais Aam Syuriah PBNU KH. Ma’ruf Amin berpendapat bahwa Islam nusantara harus lebih digali lagi sebagai perilaku bangsa. Supaya tidak ada lagi islam yang radikal sebagimana islam yang seperti di Timur Tengah.

“Islam Nusantara bukan agama baru akan tetapi islam yang tumbuh di Nusantara. Islam nusantara ya islam ahlussunnah wal jamaah an nahdhiyyah, islam yang bergerak dinamis memperbaiki,” kata Ma’ruf sebagai keynote speaker pada halaqoh kebangsaan di FKB DPR RI yang bertema “Islam Nusantara, mengembangkan sikap toleran, moderat, dan maslahah” di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/8).

Terkait ciri Islam Nusantara, Ma’ruf mengatakan bahwa sesungguhnya ada tiga domain wilayah yang harus seimbang dijalankan sebagai ciri utama. Tiga aspek tersebut meliputi aspek pemikiran (fikrah), aspek gerakan (harakah), dan juga aspek perbuatan (amaliyah). Pada aspek pemikiran Islam Nusantara tidak tekstual dan juga tidak liberal, ia bersifat moderat.

“Sementara pada aspek gerakan semangat yang dibangun adalah untuk menyebarkan kemaslahatan (ishlahiyyah). Dan adapun pada aspek perbuatan, Islam Nusantara harus tetap melestaraikan tradisi yang baik sekaligus mengembangkan serta membuat inovasi yang lebih baik lagi,” jelas ulama ahli fiqih ini.

Adapun narasumber dalam halaqah ini adalah Rais Aam PBNU, Dr KH Ma’ruf Amin, Ketua Fraksi PKB DPR RI, Dr H Helmy Faishal Zaini, Intelektual Muda NU, Syafiq Hasyim, PhD, dan Pengurus PCINU Amerika yang juga kandidat Doktor di Universitas Pennsylvania, AS, Akhmad Sahal. Acara ini dimoderatori oleh H Syaikhul Islam Ali, Msi. Dalam halaqah ini, selain para narasumber, hadir pula para anggota DPR RI dari Fraksi PKB, para Tenaga Ahli, aktivis muda, dan organisasi NU, serta puluhan wartawan dari berbagai media.

(Visited 109 times, 1 visits today)

Category:

Berita