284 0

Partai Kebangkitan Bangsa gelar lomba Musabaqoh Kitab Kuning yang diikuti santri berusia 17-25 tahun dari seluruh pondok pesantren yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah di Indonesia Lomba mengaji kitab kuning ini digagas oleh organisasi kepemudaan sayap Partai Kebangkitan Bangsa Ya.. Garda Bangsa yang dalam hal ini guna meneguhkan nilai nilai ahlusunnah wal jamaah nilai-nilai pesantren yang harus terul dilestarikan

Partai Kebangkitan Bangsa Sebagai anak Kandung Nahdatul Ulama terus menunjukkan komitmennya dengan mengadakan lomba musabaqoh kitab kuning berjudul Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghozali yang di gelar bagi para santri senusantara Dalam Lomba Ini dewan juri didatangkan dari lembaga Bahsaul masail nahdatul ulama dan dewan juri kehormatan dari para ulama NU kondang antara lain KH. Dimyati Rois (musytasyar PBNU) KH. Ma’ruf Amin (Rois Am PBNU) dan KH. Said Aqil Siroj ( Ketua Umum PBNU)

Masa pendaftaran Musabaqah Kitab Kuning berlangsung sejak 14 Maret hingga 30 Maret 2016. lalu tahap penyisihan pada 1-7 April 2016 yang di gelar di 31 pondok pesantren tua di 20 provinsi yang menjadi lokasi tahap penyisihan Dan tahap final akan digelar di Graha Gus Dur Jl. Raden Saleh No. 9 Jakarta Pusat

Nah.. Bagi sahabat pkbtv/mungkin diantara kalian ada yang belum tau apa sih kitab kuning itu ?

Kitab kuning/ disebut juga kitab klasik karena dicetak di kertas berwarna kuning. Dalam pendidikan agama islam merujuk kepada kitab-kitab tradisional yang berisi pelajaran-pelajaran agama islam yang diajarkan pada Pondok-pondok pesantren mulai dari fiqih,aqidah,ahlaq tasawuf tata bahasa arab (ilmu nahwu dan ilmu sorof hadis tafsir ulumul qur’an hingga pada ilmu sosial dan kemasyarakatan (muamalah) . Dikenal juga dengan kitab gundul karena memang tidak memiliki harakat (fathah, kasrah, dhammah, sukun) tidak seperti kitab Al-Qur’an. Oleh sebab itu untuk bisa membaca kitab kuning berikut arti harfiah kalimat per kalimat agar bisa dipahami secara menyeluruh/dan dibutuhkan waktu belajar yang relatif lama.

Nah sudah tau kan apa itu kitab kuning. untuk para santri.. anda berusia 17 sampai 25 tahun ? buruan daftar sebelum tanggal 30 maret 2016. karena hadiah umroh dan uang ratusan juta rupiah menanti anda .

(Visited 365 times, 1 visits today)

Category:

Berita