46 0

Hari ini, Kamis 30 Maret 2017 insan film Indonesia merayakan Hari Film Nasional (HFN) ke-67. Sejumlah tokoh nasional pun mengucapkan selamat sembari berharap kualitas perfilman tanah air makin baik.

“Selamat Hari Film Nasional! Kreatifitas perfilman Indonesia itu modal kita melawan kelesuan berpikir,” tulis Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar di laman twitter pribadinya @cakiminpkb, Kamis 30 Maret 2017.

Menurut Muhaimin, upaya untuk terus meningkatkan kualitas film Indonesia menjadi sangat mendesak lantaran perannya yang cukup penting dalam mengubah cara berpikir bangsa ke arah lebih baik dan modern.

“Ayo, munculkan kreatifitas yang indah dalam film nasional beranjak dari tradisi bangsa,” tukas Muhaimin

Peringatan HFN bermula pada 67 tahun yang lalu, tepat 30 Maret 1950, ketika Usman Ismail menggelar pengambilan gambar film “Darah & Doa” atau “Long March of Siliwangi”. Sejak saat itu pula Usmar Ismail disebut sebagai Bapak Perfilman Nasional.

Pada perayaan HFN tahun ini, akan diumumkan 30 film terpilih dari 140 judul film yang tayang di bioskop antara 30 Maret 2016 hingga 2017. Dari 30 film itu, akan dinilai lagi rincian elemen yang akan memperebutkan Piala Usmar Ismail Awards (UIA) April mendatang.

(Visited 152 times, 1 visits today)

Category:

Sang Pemimpin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*