19 0

Hallo sahabat pencinta kopi, tau gak sih Indonesia adalah Negara yang kaya akan beragam kopi nikmat yang mendunia. Indonesia juga merupakan salah satu negara yang berhasil menjadi penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik, Indonesia juga menepati urutan ke empat dalam catatan negara yang memproduksi kopi untuk dunia.
bersumber dari brilio.net, Apa aja sih jenis kopi Indonesia yang sudah mendunia, yuk kita lihat pembahasannya :
1. Kopi Luwak.
Kopi luwak memang salah satu kopi yang cukup fenomenal di Indonesia karena menjadi kopi termahal di dunia. Namun harga mahal akan terbayar dengan rasanya yang khas dan sangat lembut. Hal yang mempengaruhi harga kopi luwak adalah proses fermentasi yang unik yang langsung dilakukan dalam tubuh luwak.
2. Kopi Java.
Java Coffee atau Kopi Jawa ini juga merupakan kopi asal Indonesia yang sangat terkenal di dunia dan termasuk dalam jenis kopi Arabika. Wilayah Jawa sampai saat ini masih menjadi salah satu produsen kopi yang terbesar di dunia.
3. Kopi Toraja.
Kopi Indonesia lainnya yang juga telah mendunia adalah kopi Toraja. Kopi yang sebagian besarnya berasal dari Toraja-Kalosi ini terkenal dengan rasa khasnya yang seperti rasa tanah dan hutan. Hal ini dikarenakan proses pembuatan kopinya setelah biji kopi dipetik. Kopi Toraja ini juga sangat digemari masyarakat Jepang dan Amerika Serikat, lho.
4. Kopi Gayo.
Kopi gayo berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh yang telah berkembang sejak tahun 1908. Kopi Gayo cukup terkenal di dunia karena memiliki aroma dan kenikmatan yang khas dan jika di cupping atau di test rasa dan aroma di daerah gayo hampir memiliki cita rasa kopi yang ada di seluruh dunia.
Kopi dari daerah gayo juga merupakan salah satu kopi mahal di dunia ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.
5. Kopi Wamena.
Kopi yang berasal dari Wamena ini bisa dibilang sebagai kopi organik yang memiliki kualitas terbaik. Hal ini disebabkan daratan Papua yang masih sangat subur sehingga menghasilkan kopi yang sangat baik.
Kopi wamena terkenal dengan aroma kopinya yang harum, tekstur halus serta after taste yang cukup manis, berbeda dengan kebanyakan kopi biasanya. Bahkan beberapa pecinta kopi menyandangkan kopi ini sejajar dengan kopi Jamaica Blue Mountain, yang merupakan kopi Arabika premium asal Jamaica.
6. Kopi Kintamani.
Kopi yang berasal dari Kintamani, Bali ini juga merupakan kopi organik yang masih menggunakan sistem pengairan tradisional. Kopi Kintamani memiliki kualitas kopi yang sangat baik karena ditanam di daerah yang sejuk dan dingin. Kopi Kintamani memiliki tekstur yang halus dan menciptakan rasa yang lembut di lidah. Penggemar kopi asal Bali ini sudah meluas hingga sampai ke daratan Jepang.

Itu tadi kopi kopi Indonesia yang terbaik dan sudah mendunia, jadi yang mana nih kopi favorit kalian….??? jangan lupa like and subscribe channel youtube pkbtv yaa..

(Visited 22 times, 1 visits today)

Category:

Lifestyle