21 0

Ketua Dewan Pembina, Dewan Pengurus Nasional Gerakan Kebangkitan Petani dan Nelayan Indonesia atau DPN Gerbang Tani, Abdul Muhaimin Iskandar, mengingatkan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti, bahwa dibentuknyanya Kementerian tersebut oleh Presiden Ke 4 Republik Indonesia, Abdulrahman Wahid atau Gus Dur adalah untuk mensejahterakan Nelayan.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan yang dikeluarkan oleh Menteri Susi Pujiastuti sebagai menteri di kabinet kerja, terkait pelarangan penggunaan alat tangkap cantrang, mendapatkan perlawanan dan protes dari para nelayan. Pasalnya, cantrang merupakan alat tangkap yang menjadi andalan turun temurun nelayan nusantara dalam mencari penghidupan mereka

Dengan pelarangan cantrang, jumlah penurunan pendapatan para nelayan sangat signifikan. Bahkan tidak sedikit nelayan yang berhenti melaut karenanya.

Dalam kunjungannya bertemu dengan nelayan se Pantai Utara di Tegal Jawa Tengah, Cak Imin berdialog langsung dengan para nelayan. Orang Kepercayaan Gus Dur ini menegaskan bahwa dirinya mendukung pelegalan cantrang sebagai alat tangkap ikan yang sah.

Visit Us On: www.pkbtv.com

(Visited 25 times, 1 visits today)