231 0

Indonesia sangat terkenal di mata dunia sebagai salah satu negara yang mempunyai tanah yang sangat subur. Bisa dikatakan berbagai macam tanaman dapat tumbuh di Negara Indonesia tercinta ini. Termasuk berbagai macam bumbu dan rempah-rempah penting yang dibutuhkan dalam setiap hal baik pengobatan, bumbu makanan, minuman, dan banyak hal lain. PKBTV kali ini akan membahas beberapa rempah-rempah yang paling tersohor di Indonesia, Berikut tayangannya ….

• Lada/Merica. Provinsi Lampung adalah provinsi penghasil lada hitam terbesar. Lada putih banyak dihasilkan di Provinsi Bangka. Daerah lain penghasil lada adalah DI Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timu, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan DI Yogyakarta. Naah manfaat lada atau merica putih ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, menyembuhkan penyakit influenza, meredahkan sakit kepala, menyembukan perut kembung, dan banyak lagi yang lain.

• Cengkeh, Provinsi Maluku adalah penghasil cengkih terbesar. Daerah penghasil lainnya adalah Sulawesi Utara, Aceh, Sumatera Barat, Lampung, dan Jawa Tengah. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan di beberapa makanan. Bahkan cengkeh juga bisa digunakan pada pembuatan kue sebagai penguat aroma. Dalam bidang pengobatan, cengkeh dapat digunakan sebagai obat alergi terhadap udara dingin.

• Pala adalah komoditas nomor dua di zaman VOC. Daerah penghasil pala, antara lain Bengkulu, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Berasal dari tanaman buah pala, daging buah pala biasa diolah untuk menjadi sebuah manisan sedangkan bijinya menjadi rempah-rempah. Biasa digunakan sebagai penyedap pada kue atau roti, saus, puding, sayuran, dan lain-lain.

• Kayu manis, kayu manis banyak terdapat di daerah Jambi, Sumatera Barat, dan DI Yogyakarta. Khasiat yang dimiliki kayu manis sangat banyak sekali baik untuk bumbu masakan maupun pengobatan. Misalkan untuk mengontrol gula darah tubuh, anti infeksi, meringankan sakit kepala untuk para penderita rematik, dan beberapa macam obat serbaguna lainnya.

• Kapulaga dihasilkan terutama dihasilkan secara komersial dari Jawa Barat dan Sumatra bagian selatan. Kapulaga adalah salah satu rempah-rempah yang kegunaannya lebih banyak digunakan dalam hal pengobatan tradisional seperti menyembuhkan sakit perut, batuk, dan lain-lain.

Itulah beberapa ulasan tentang rempah-rempah kas Indonesia yang sudah sangat dikenal. Kalian sebagai warga Indonesia tentunya bangga dong, dan jangan lupa juga untuk selalu belajar tentang memanfaatkan rempah-rempah ya kawan karena itu sangat penting juga untuk kehidupan kita…

(Visited 315 times, 1 visits today)

Category:

Lifestyle