27 0

Tanpa terasa Hari Raya Idul Adha atau lebaran haji akan segera tiba. Biasanya seluruh umat islam akan merayakanya dengan menyajikan beragam menu khas yang akan di nikmati oleh keluarga. Selain itu di setiap daerah akan mengadakan pemotongan hewan kurban yang nantinya akan di bagi-bagikan kepada masyarakat di sekitarnya. Mari kita lihat berbagai makanan khas Idul Adha di berbagai negara yang bisa jadi inspirasimu.
1. Tagines, Afrika Utara
di negara Aljazair beda lagi nih sajian Idul Adhanya. Di sini mereka biasanya menyajikan Tagine sebagai makanan untuk Idul Adha. Cara masak Tagine ini agak beda nih, karena tagine yang merupakan campuran daging sapi dan kambing ini dimasak dengan menggunakan mangkok yang memiliki tutup seperti tudng dan terbuat dari tanah liat. Masaknya sih seperti di rebus, dan ditambahkan bumbu seperti daun khusbur dan juga mukholat. Bikin penasaran ya rasanya kayak apa?.
2. Fusion, Amerika Serikat
Di negara minoritas Islam seperti Amerika pun tidak ketinggalan. Mereka para muslim yang tinggal di sini memiliki makanan khas Idul Adha yang biasa di sebut Fusion yakni perpaduan tradisi di dunia sehingga menghasilkan cita rasa yang unik. Biasanya setiap imigran muslim di Amerika Serikat memiliki menu khusus dari negaranya dan memadukan dengan makanan western dan bahkan ada menu khusus untuk vegetarian. Mereka menyajikan Italian Pasta Salad untuk menggantikan ayam panggang berempah.

3. Kebab
Makanan yang populer di Negara Turki ini sudah tak asing bagi lidah Indonesia, meski makanan ini berasal dari kawasan Timur Tengah dan Mediteranian. Irisan daging domba tipis digulung dengan menggunakan tortilla dan aneka saus khas membuat rasanya sulit ditolak kelezatannya.
4. Biryani
Nasi Biryani adalah makanan populer di Asia Tenggara. Nasi dengan tambahan berbagai rempah otentik dan citarasa daging kambing dalam proses memasak nasinya. Cita rasanya yang otentik dan nikmat membuat nasi ini terasa lebih nikmat dibanding nasi lainnya.
5. Sate kambing
Bisa menebak? Tentu saja, ini adalah sajian khas dari Indonesia. Daging kambing yang dipotong dadu ini kemudian ditusuk dengan bilah bambu kecil dan dibumbui. Sesudahnya daging-daging ini pun dibakar sampai matang. Setelahnya daging ini disantap dengan tambahan sambal kecap yang pedas.

Itulah makanan khas Idul Adha di berbagai negara di dunia. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat salah satu menu di atas saat Idul Adha nanti?

(Visited 33 times, 1 visits today)

Category:

Lifestyle

Comments are closed.