35 0

Pemberian gelar doktor kehormatan kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar oleh Universitas Airlangga (Unair) sudah tepat.

Rektor Unair Prof Moh Nasih menjelaskan, proses secara administrasi maupun akademik sudah dilakukan. Prosesnya cukup lama dan bukan proses yang tiba-tiba.

Proses awal sudah dimulai sesungguhnya pada Juni 2017. Bulan Juli berbagai arahan dan bimbingan sudah dilakukan promotor kala itu, yaitu Prof Kacung Marijan dan Prof Mustain atau sebaliknya.

“Yang harus diketahui, Muhaimin Iskandar mendapat gelar doktor honoris causa untuk bidang ilmu sosiologi politik. Karena secara keilmuan S1 Muhaimin berada di bidang tersebut. Dan kemudian profesi dan aktivitas nyatanya berada pada posisi dan wilayah politik. Sehingga sosiologi politik menjadi bidang yang kita anugerahkan kepada Cak Imin,” Senin (2/10/2017).

Di fakultas sudah final, artinya usulan di fakultas sudah masuk ke universitas. Kemudian dari sisi universitas sudah menyampaikan pada senat.

Senat selanjutnya melakukan berbagai macam telah dan pembahasan sudah dilakukan. Setelah senat menyetujui kemudian merekomendasikan atas usulan itu, universitas lalu meminta persetujuan kepada Kemenristekdikti dan juga sudah keluar.

Mulai dari BPF, kuliah-kuliah, FGD dan berbagai macam diskusi yang konon melebihi ujian doktor.

“Ketika Cak Imin FGD tidak sempat tertawa. Netes semua keringatnya. Itu saking ketatnya dan saking seriusnya pembahasan-pembahasan itu,” ujar dia.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Category:

Berita