24 0

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan, semua elemen harus bergerak untuk menjadikan Indonesia bebas dari korupsi termasuk partai politik.
“Untuk menuju indonesia bebas korupsi kita semua elemen bergerak termasuk partai politik,” ucapnya usai mengikuti Hari Anti Korupsi sedunia (HAKORDIA) 2018 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Bidakara Jakarta, selasa 4/12.
Pria yang akrab disapa Cak Imin itu mengatakan, ada 2 arah yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, menurutnya, pembenahan semua sistem. “sistem birokrasi, sistem demokrasi, pemilihan yang berbasis liberalis, terus kita benahi, biaya politik yang mahal dan konsumtif politik harus kita benahi dlam satu sistem demokrasi yang evisien.”
Kedua, dia melanjutkan, komitmen kelembagaan semua pihak termasuk partai politik untuk menata diri, mengevaluasi dan membenahi agar terbebas dari prilaku maupun tindakan-tindakan koruptif.
“Dua arah ini bersatu menuju satu muara menuju Indonesia bebas korupsi,”terangnya.
Panglima santri ini menambahkan, selain dua hal tersebut yang lebih penting adalah karakter bangsa harus dibangun.
“Lebih efektif itu juga karakter dan attitude semua bangsa kita,” pungkasnya.
Diketahui, dalam peringatan HAKORDIA 2018 tersebut, KPK menerbitkan Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) untuk membangun standar integritas partai dan kadernya. Hal ini ditujukan agar menghasilkan pemimpin yang berintegritas, meminimalisir resiko korupsi politik dan penyalahgunaan kekuasaan (abouse of power), serta menghasilkan tata keuangan yang transparan dan akuntabel.

(Visited 22 times, 2 visits today)

Category:

Berita