16 0

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing dan minimal pernah mendengar lagu berjudul “Gemu Fa Mi Re”, ada juga yang menyebutnya “Maumere”, yang memiliki syair serta irama musik yang riang.

Setiap mendengarkan lagu rancak asal Maumere ini, para pendengar seakan diajak untuk bergoyang ke kanan, ke kanan, dan ke kanan, ke kiri, ke kiri dan ke kiri Manise.

Berkat musik yang enak didengar, lagu ini sering didendangkan di berbagai tempat. Mulai dari pelosok desa, pusat kota di Indonesia, hingga ke mancanegara.

Banyak pula yang menyanyikan ulang ke berbagai versi seperti dijumpai berbagai akun media sosial, hingga diperlombakan.

“Gemu Fa Mi Re” sudah menjadi fenomena tersendiri sejak 2012. Namun sayangnya, kepopuleran “Gemu Fa Mi Re” tidak diiringi dengan sorotan terhadap penciptanya, Nyong Franco. Namanya justru nyaris tak terdengar.

Sosok Nyong Franco yang merupakan penyanyi pria bernama asli Frans Cornelis Dian Bunda itu bermukim di Maumere, Nusa Tenggara Timur.

Seolah ingin mengetuk jendela publik, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin didampingi Sekjen PKB, Hanif Dhakiri dan Ketua DPW PKB NTT Yucundianus Lepa sore tadi bertemu Nyong Franco disela pembekalan Caleg PKB di Sikka, NTT.

Cak Imin mengabadikan pertemuan tersebut di laman sosial media pribadinya. Dia mengaku bangga bisa bertemu dengan komposer kreatif bertubuh jangkung tersebut.

“Ini adalah Nyong Franco, pencipta lagu Gemu Fa Mire yang telah sangat terkenal bukan hanya di Nusantara, bahkan mendunia,” kata Cak Imin, Rabu 10 Oktober 2018.

Tak berselang lama, Nyong Franco yang nampak mengenakan jas PKB lalu menghadiahi Cak Imin dengan aransemen lagu tersebut menjadi bait PKB.

Sontak saja Cak Imin beserta rombongan senang dan bahagia mendapatkan kado istimewa berupa lagu dari sang komposer Maumere. Mereka lalu menyanyikan lagu secara bersamaan.

“Sekarang PKB, mari kita pilihlah PKB, PKB, PKB, PKB dan PKB, PKB manise,” kata mereka disambut riuh tepuk tangan dan bangga puluhan kader PKB.

Di akhir pertemuannya dengan Cak Imin, Nyong Franco sempat menceritakan asal usul lagu “Gemu Fa Mi Re” yang ditulisnya pada tahun 2011 di kawasan hutan di pinggir kota Maumere.

Dia lalu menegaskan jika dirinya adalah salah satu pecinta PKB. Tak pelak Cak Imin dan seluruh kader PKB semakin ceria dan senang. “Saya dukung PKB lho,” ungkap Nyong Franco.

(Visited 18 times, 1 visits today)