3 0

Rasanya hampir tidak mungkin kita bisa terhindar dari paparan polusi. Bagaimana tidak, setiap hari kita dikelilingi oleh asap kendaraan bermotor, rokok, pestisida, hingga kabut asap hasil industri. Maka jangan heran jika lama-kelamaan, Anda rentan terserang penyakit mulai dari masalah kesehatan, kecantikan, hingga tumbuh kembang anak akibat menumpuknya racun polusi dalam tubuh.

Meski polusi udara cukup sulit diatasi sendirian, tetapi Anda dapat membantu mengurangi efek udara beracun pada tubuh dengan mengubah pola makan Anda sehari-hari.

Udara tercemar mengandung karbon monoksida, sulfur dioksida, ozon, nitrogen oksida, dan uap kimia lainnya, yang mampu menembus jauh ke dalam paru-paru dan menyebabkan kondisi seperti asma, bronkitis, dan emfisema, ternyata bisa dilawan dengan 5 jenis makanan ini.

  • Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E untuk meningkatkan fungsi paru-paru, dan ditambah kandungan asam lemak yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh. Jangan gunakan minyak zaitun untuk memasak, karena pemanasan dapat mengurangi manfaatnya. Yang terbaik, gunakan minyak zaitun sebagai salad dressing atau cukup dipercikkan ke atas sayuran.

  • Alpukat

Para ilmuwan di King’s College, London, menemukan bahwa kadar vitamin E yang tinggi – yang ditemukan dalam alpukat, bayam, dan minyak zaitun – dapat meminimalkan efek dari paparan polusi udara. Alpukat memberikan 10 persen dari kebutuhan vitamin E dan 17 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Olah alpukat menjadi jus atau smoothies, tanpa tambahan apapun.

  • Bayam

Bayam mengandung banyak sekali nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh seperti tingginya serat, protein, kalsium, potasium, magnesium, vitamin A, beta karoten, zeaxanthin, dan lutein, yang semuanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran hijau ini sangat mudah ditemukan dan sangat mudah diolah untuk masakah. Bisa dijadikan sayur bening, campuran pecel, bahkan dijadikan smoothie berasama campuran buah lainnya.

  • Brokoli

Sebuah penelitian di University of California menemukan bahwa minum jus brokoli dapat mengurangi peradangan di hidung setelah terpapar asap pembakaran diesel. Sebuah penelitian serupa dari Universitas Columbia menemukan vitamin B dalam brokoli melindungi jantung dari polusi udara. Sementara penelitian lain menemukan bahwa orang yang makan brokoli akan mengeluarkan racun yang terkait dengan polusi ozon dan partikel udara. Jika Anda khawatir anak-anak Anda berjalan menyusuri jalan yang padat dan macet ketika menuju ke sekolah, maka berikan brokoli di piring mereka untuk makan malam.

  • Tomat

Tomat mengandung banyak vitamin C, beta karoten, dan antioksidan yang bisa membantu mengatasi peradangan saluran pernapasan.

Menurut penelitian, beta karoten pada tomat bisa memperlambat penuaan pada paru-paru sehingga bisa tetap bekerja dengan baik.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan pada tomat juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh kita, teman-teman.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Category:

Lifestyle