74 0

Stand up comedy di Indonesia belakangan ini lagi populer. Kehadiran stasiun TV yang mengadakan kompetisi stand up comedy, makin ngebuat jenis lawakan ini disukai orang-orang. februari lalu pkbtv mengadakan road show stand up comedy ala santri . lebih dari 10 pondok pesantren dan 80 Komika ikut berstand up comedy. Banyaknya komika yang nongol di berbagai acara TV ataupun judul film, , jadi pertanda kuat kalo stand up comedy ternyata udah punya peran penting di dunia entertainment Indonesia.
Gara-gara hal ini, tidak sedikit orang yang jadi mulai kepengen buat nekunin stand up comedy. Bagi kalian yang udah pernah nyoba stand up comedy, pasti tau banget gimana susahnya buat jadi komika yang lucu. Kesulitan mencari materi, biasanya yang jadi masalah utamanya.
Sebenernya materi stand up comedy bisa dicari mulai dari keresahan diri sendiri. Tapi kalau masih susah juga,… sekarang juga udah banyak komunitas-komunitas yang bisa ngebantu buat ngelatih ngelatih kemampuan stand up comedy kalian.
bersumber dari hai online.com inilah beberapa tipe materi yang sering dibawain komika ternama…. biar lebih ada bayangan gimana cara nemuin materi lucu, simak tayangan pkbtv berikut…
1. Materi Absurd
Jenis materi ini yang sekarang lagi disukain banget sama penonton stand up comedy. Komika yang terkenal sering bawain materi kaya gini ialah Indra Frimawan, Fico, dan Arafah.
Meskipun terkesan nyeleneh, sebenernya buat mikin materi kaya gini bisa dibilang cukup lumayan susah. Kalian harus punya kejelian tingkat tinggi buat nemuin hal-hal yang nggak masuk akal tapi bisa lucu untuk para penonton. Set up dan punch line dari materi jenis ini biasanya susah banget buat dilogikain. Bahkan, penontonnya sendiri aja kadang nggak ngerti kenapa dia bisa ketawa terbahak-bahak karena jenis materi ini.
2. Ras Diri Sendiri
Kalo jenis materi ini bisa dibilang untuk mencegah pertikaian yang ditimbulkan karena perbedaan ras. Dalam stand up comedy, kita nggak boleh nertawain atau ngejelekin ras lain, soalnya ini bisa mancing keributan. Jadi, lebih baik kita nertawain tentang ras kita sendiri aja.
Bikin materi jenis ini, kita cukup dengan melihat keunikan dari keunikan ras yang kita miliki. Keunikan ini jelas nggak dimiliki oleh ras lain, dan hak ini yang sering bikin materi kaya gini jadi begitu lucu buat penonton.
Ernest Prakasa, jadi salah satu komika ternama yang sering bawain jenis materi ini. Dia suka banget pake keunikan ras Tionghoa yang dimilikinya untuk ditertawakan oleh orang lain.
3. Percintaan
Jenis materi yang satu ini juga cukup favorit buat penonton. Di Indonesia, urusan cinta sering dibahas begitu rumit. Tapi, dengan materi kaya gini, urusan cinta bisa diomongin lebih santai dan layak buat ditertawain orang lain.
Pengalaman dan keresahan kalian saat menjalin hubungan percintaan biasanya yang cocok dijadiin buat materi. Entah ngebahas dari sisi kalian sebagai jomblo, atau ngomongin keribetan kalian saat punya pacar.
Jenis materi ini sering dibawain sama Raditya Dika. Dia sering banget ngomongin tentang keribetan cewek ketika berpacaran dan bikin penonton tertawa terbahak-bahak karena materi percintaannya.
4. Kritik sosial
Pandji Pragiwaksono jadi komika yang terkenal sering bawain materi kaya gini. Bahkan Pandji bisa ngadain tur stand up comedy keliling dunia dengan jenis materi kaya gini.
Buat bikin materi kritik sosial, kalian wajib banget punya jiwa kritis dan wawasan yang luas. Materi kayak gini cocok banget buat mengkritik pemerintahan yang nggak bener, tapi tetap bisa dibawain dengan santai sambil tertawa. Sering-sering pantengin berita atau baca buku, bisa ngebantu kalian banget buat nemuin materi jenis ini.
5. Hal-hal sepele di lingkungan sekitar
Kalian pasti suka nggak nyangka kalo beberapa kejadian sepele di sekitar kita itu bisa jadi sesuatu yang lucu. Buat bikin materi kayak gini, kalian harus sering bawa buku catetan, jadi kalo lagi di jalan atau di rumah nemuin hal yang lucu, bisa segera kalian catet dan diolah jadi materi yang bisa bikin penonton tertawa terbahak-bahak.

(Visited 197 times, 1 visits today)

Category:

Lifestyle